Magister Teknik Elektro

Profil

Program Studi Magister Teknik Elektro (Prodi MTE), Program Pascasarjana, Universitas Syiah Kuala secara resmi dibuka pada tanggal 16 April 2012 sesuai dengan surat izin penyelenggaraan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi No. 103/E/0/2012. Tanggal 28 Desember 2014, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) mengeluarkan Surat Keputusan No. 484/SK/BAN-PT/Akred/M/XII/2014 yang menyatakan bahwa Program Studi Magister Teknik Elektro mendapatkan akreditasi “B”.
Prodi MTE merupakan salah satu prodi yang berada di bawah naungan Program Pascasarjana (PPs) Universitas Syiah Kuala. Prodi terdiri dari unsur pengelola dan pelaksana akademik, yang berperan dalam melaksanakan dan memfasilitasi pelaksanaan kegiatan pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Secara akademik, Prodi MTE memiliki hubungan konsultatif fungsional dengan Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala. Saat ini, Prodi MTE telah memiliki 3 (tiga) bidang studi atau konsentrasi yaitu Bidang Studi Teknologi Informasi, Bidang Studi Telekomunikasi Multimedia dan Bidang Studi Teknik Listrik & Energi Terbarukan.

Adapun tujuan Prodi MTE adalah:

  1. Menghasilkan tenaga kerja ahli setingkat magister yang terampil dan profesional dalam bidang teknik elektro khususnya bidang teknologi informasi, telekomunikasi multimedia, dan teknik listrik & energi terbarukan.
  2. Prodi MTE ini diharapkan menjadi yang terdepan di Provinsi Aceh dan Indonesia bagian Barat, khususnya dalam bidang teknologi informasi, telekomunikasi multimedia dan teknik listrik & energi terbarukan.

Kompetensi Lulusan dari Prodi MTE yaitu:

  1. Kemampuan untuk mengaplikasikan pengetahuan matematika, basic science dan aplikasi teknik elektro.
  2. Kemampuan mengidentifikasi, menganalisa kebutuhan dan spesifikasi suatu permasalahan serta mengembangkan model solusinya berbasis teknologi informasi, telekomunikasi multimedia dan teknik listrik &energi terbarukan.
  3. Kemampuan untuk merancang, melaksanakan eksperimen serta menganalisa dan menginterpretasikan data.
  4. Kemampuan untuk merancang suatu sistem, komponen atau jaringan untuk memenuhi kebutuhan industri dan dinas pemerintahan terkait.
  5. Kemampuan untuk berperan serta pada suatu tim berdisiplin ilmu sama atau yang bersifat multidisiplin.
  6. Kemampuan untuk memanfaatkan teknik-teknik, keahlian-keahlian dan peralatan teknik elektro modern yang diperlukan dalam praktek Teknik Elektro.